Workshop Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Luring di SDN Nomor 30 Tongke-Tongke

Authors

  • Irmayanti Irmayanti Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Fajar Fajar Insitut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v2i1.55

Keywords:

Workshop, Pembelajaran, Matematika, Luring, SDN

Abstract

Pengabdian masyarakat dengan kegiatan workshop metode pembelajaran matematika berbasis luring ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan guru pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Permasalahan yang dialami oleh guru dan peserta didik di SDN Nomor 33 Tongke-Tongke yaitu penguasaan teknologi masih rendah, keterbatasan sarana dan prasarana, jaringan internet, biaya, dan motivasi guru serta peserta didik yang menurun karena bosan menggunakan teknologi tersebut. Metode yang digunakan yaitu workshop dan pendampingan. Peserta dari kegiatan workshop media pembelajaran berbasis luring adalah guru SDN Nomor 33 Tongke-Tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai sebanyak 22 orang. Hasil dari pengabdian ini bahwa guru menerapkan metode pembelajaran luring yang menyenangkan dengan menggunakan berbagai alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar dan memberikan penugasan kepada peserta didik yang terkait dengan permainan tradisional yang sering dilakukan oleh anak-anak di Kabupaten Sinjai seperti permainan kelereng, mabbelle, maggurecceng. Selain itu peserta didik lebih mudah memahami materi pelajaran matematika yang biasanya hanya diberikan penugasan berupa modul yang kadang tidak dipahami oleh peserta didik.

References

R. E. Pratama and S. Mulyati, “Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19,” Gagasan Pendidik. Indones., 2020, doi: 10.30870/gpi.v1i2.9405.

Z. Fajri, S. Junaidi, and H. Alfarisi, “Efektivitas Pembelajaran Luring pada Mata Pelajaran Matematika selama Pandemi Covid-19,” TRILOGI J. Ilmu Teknol. Kesehatan, dan Hum., 2021, doi: 10.33650/trilogi.v2i2.2739.

Azizah, A. Rahman, and D. Ma’asi, “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Luring terhadap Minat Belajar Siswa SD,” J. Elem. Educ., 2021.

A. Pratama and M. A. Ananda, “Implementasi Pembelajaran Luring di Masa Pandemi Covid-19 Sd Negeri 31 Hajoran,” J. Pendidikan, Agama, dan Sains, 2021.

I. R. Badriyah, A. Akhwani, N. Nafiah, and M. S. Djazilan, “Analisis Model Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, 2021.

R. Rahmad, “Tantangan Guru Dalam Pembelajaran Luring Masa Pandemi Covid 19 Di SD Kecil Paramasan Atas,” Buana Pendidik. J. Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidik., 2021, doi: 10.36456/bp.vol17.no1.a3227.

R. Yuni, S. Frisnoiry, and G. N. Eza, “PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL KONDISIONAL PEMBELAJARAN LURING,” INTEGRITAS J. Pengabdi., 2020, doi: 10.36841/integritas.v4i2.753.

I. Irmayanti and D. Danial, “EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SINJAI SELATAN,” AULADUNA J. Pendidik. Dasar Islam, 2019, doi: 10.24252/auladuna.v6i1a10.2019.

S. H. Maulida and Jatmiko, “Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek,” Pembelajaran Mat. Berbas. Etnomatematika Melalui Permainan Tradis. Engklek, 2019.

J. W. Pratiwi and H. Pujiastuti, “Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, 2020.

A. Susilowati, M. Subhan, and R. Efendi, “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Luring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 01 Padang Laweh,” Cons. Educ. Couns. J., 2021, doi: 10.36841/consilium.v1i2.1173.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles